Keistimewaan Shalat Tahajjud / Shalat Malam

Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) pada malam hari, terkecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. Dan baca Al Quran itu dengan pelan-pelan. (Al-Muzammil:1-4)

Ayat-ayat tersebut merupakan perintah untuk Rasulullah saw selalu untuk bertahajjud. Dan untuk umatnya, shalat tahajud adalah sunnah yang disarankan/ ditegaskan (Sunnah muakkadah). Hingga benar-benar sedapat mungkin seorang muslim agar bisa lakukan shalat tahajjud secara rutin.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Shalat yang paling penting sesudah shalat yang fardhu ialah shalat di saat tengah malam." [Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Muslim (no. 1163 (203)), dari Shahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu.]

Rosululloh SAW menyarankan, supaya tiap kaum muslim selalu lakukan sholat tahajud pada tiap malam. Adapun waktu yang paling penting lakukan sholat tahajud ialah sepertiga malam.

Shalat tahajjud mempunyai faedah yang hebat baik untuk jiwa atau raga. Keistimewaan yang paling penting ialah diangkatnya derajat manusia yang selalu jalankan sholat tahajud secara istiqomah ke maqom mahmudah.

Keistimewaan Shalat Tahajjud

Keistimewaan Shalat Tahajjud

Sebagus-baiknya shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat tahajjud. Shalat Tahajjud sebagai rutinitas orang yang shalih, dan sebagai jalan untuk dekatkan diri pada Allah, menghindari dosa dan menghapuskan kekeliruan. Shalat malam atau tahajjud ialah warisan yang pertama kalinya Rasulullah saw berikan ke warga Madinah saat beliau memasukinya.

Diriwayatkan dari Zaid bin Aslam (meninggal dunia th. 136 H) rahimahullaah jika ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu lakukan shalat malam pada waktu yang lumayan lama sampai diakhir malam beliau menggugah keluarganya untuk lakukan shalat. Beliau berbicara, "Shalatlah kalian! Shalatlah kalian!" Selanjutnya beliau membaca ayat berikut ini: "Dan perintahkanlah ke keluargamu membangun shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak minta rizki padamu, Kamilah yang memberikan rizki padamu. Dan karena (yang bagus) itu ialah untuk orang yang bertakwa.' [Thaahaa: 132]" [9]

Shalat Tahajjud dan Kesehatan

Selainnya beragam keistimewaan di atas, beberapa periset sudah lakukan beragam riset yang mengaitkan jika shalat tahajud juga baik untuk kesehatan manusia. Beberapa faedah tahajjud seperti;

sholat tahajjud benar-benar efisien membuat mekanisme kebal (imunologi) dan kesetimbangan (homoeostatis) badan.

mereka yang jalankan Shalat malam akan hadapi hidup secara realitas dan percaya diri dan masih tetap berlaku konstruktif.

Bangun malam bisa jadikan badan fit dan semangat, dan terbebas dari penyakit punggung pada umur tua.

LihatTutupKomentar